Thursday, April 16, 2015

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Kedinasan 2015 , setelah lulus tidak bingung cari kerja !

Kebahagiaan siswa sma saat menerima pengumuman kelulusan

Selepas menempuh pendidikan sekolah menengah atas maupun sekolah menengah kejuruan, pasti siswa dihadapkan pada keraguan untuk melanjutkan pendidikan kemana. Ada yang bingung soal biaya dan tidak sedikit pula karena desakan orangtua, siswa menjadi berpikir ulang mengenai prospek dari pendidikan yang akan mereka tempuh nantinya. 
Sekolah Kedinasan adalah salah satu pilihan yang tepat untuk siswa karena di beberapa sekolah kedinasan ditawarkan prospek masa depan yang jelas sehingga siswa dan orangtua atau wali siswa tidak perlu lagi khawatir akan masa depan mereka atau anak-anak mereka nantinya. Ketatnya persaingan untuk memasuki dunia kerja ditambah tingginya angka pengangguran di Indonesia membuat peminat sekolah kedinasan bertambah dari tahun ke tahun. 
Pada tahun 2015 ini, beberapa sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru beserta penjelasan singkatnya akan saya paparkan di bawah ini :

1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta (Menunggu pengumuman pendaftaran)

Akademi Ilmu Pemasyarakatan ini berada di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Lokasi pendidikan berada di Jalan Raya Gandul, Cinere, Jakarta Selatan. Pendaftaran untuk tahun ini masih belum dibuka, untuk tahun lalu pendaftaran dibuka pada 22 Agustus 2014. Untuk tahun ini mungkin tidak akan jauh beda dengan tahun lalu, sambil menunggu ada baiknya mempersiapkan diri berikut berkas-berkas yang nantinya diperlukan saat pendaftaran. Berikut adalah persyaratan untuk calon taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan yang saya kuti langsung dari situs resmi : http://catar.kemenkumham.go.id/


2. Akademi Kimia Analis Jawa Barat, Jalan Ir H Juanda 7, Bogor. (Sedang dibuka pendaftaran)


Akademi Kimia Analis (AKA) didirikan di bogor pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakyat untuk menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia Bogor (sekarang Balai Besar Industri Agro Bogor).
Untuk Info pendaftaran langsung saja menuju ke http://aka.ac.id/pendaftaran/
Program studi yang ditawarkan oleh akademi kimia analis ini adalah :
  1. D3 Analisis Kimia

  2. D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan

  3. D3 Pengolahan Limbah Industri

    Berikut adalah syarat pendaftarannya.

  1. Pendaftar dapat berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMK yang memberikan mata pelajaran KIMIA dalam struktur kurikulumnya.

  2. Membayar uang pendaftaran Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) langsung atau melalui rekening operasional Akademi Kimia Analisis dengan nomor rekening 0325128740 Bank BNI Cabang Bogor a.n. “Bendahara Penerima AKA”.

  3. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm (1 lembar) dan 3x4 cm (1 lembar).

  4. Mengisi Formulir Pendaftaran (dapat didownload di sini)

  5. Untuk yang ikut Jalur Seleksi Rapor, syarat tambahannya adalah

    • Khusus bagi siswa SMA/MA/SMK tahun ajaran 2014/2015, dapat mengikuti seleksi rapor dengan membawa/melampirkan fotocopy rapor sampai dengan semester akhir yang telah dilegalisir.

    • Pendaftaran untuk seleksi rapor dimulai tanggal 2 Januari 2015 sampai dengan tanggal 10 April 2015, diumumkan tanggal 28 April 2015.

    • Pendaftar yang tidak diterima sebagai mahasiswa AKA melalui seleksi rapor dapat mengikuti ujian masuk tanpa dipungut biaya tambahan, dengan terlebih dahulu mengkonfirmasi ulang ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB)

Prosedur Pendaftaran

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran (dapat didownload di sini)

  2. Membayar biaya pendaftaran Rp 100.000,- langsung ke bagian Keuangan atau transfer ke rekening operasional Akademi Kimia Analisis dengan nomor rekening 0325128740 Bank BNI Cabang Bogor a.n. “Bendahara Penerima AKA”

  3. Menyerahkan Formulir Pendaftaran (yang sudah diisi) & Bukti pembayaran/transfer dengan melampirkan fotocopi Raport legalisir sampai dengan semester terakhir, pas foto 4x6 (1 buah) & foto 3x4 (1 buah) ke PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU, POLITEKNIK AKA BOGOR Jl. Pangeran Sogiri No. 283 Tanah Baru, Bogor 16158 (bisa datang langsung ataupun via pos)

  4. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 2 Januari 2015. Setiap siswa lulusan tahun ajaran 2014/2015 yang mendaftar sebelum atau paling lambat tanggal 10 April 2015 secara otomatis akan diikutsertakan dalam Seleksi Rapor. Jika tidak lulus dalam seleksi Rapor, akan otomatis diikutsertakan dalam Ujian Masuk tanpa perlu mendaftar kembali, dengan terlebih dahulu mengkonfirmasi ulang ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik AKA melalui nomor telp. (0251) 8650351.

JALUR UJIAN MASUK

  1. Pendaftaran seleksi rapor paling lambat 10 April 2015, diumumkan tanggal 28 April 2015.

  2. Pendaftar yang tidak lulus seleksi rapor dapat mengikuti ujian tes tulis gelombang satu tanpa dipungut biaya tambahan dengan terlebih dahulu mengkonfirmasi ulang ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik AKA melalui nomor telp. (0251) 8650351. 

  3. Pendaftar yang tidak lulus ujian gelombang satu dapat mendaftar kembali ujian gelombang kedua dengan membayar biaya pendaftaran kembali. 

  4. Pendaftar maksimal memilih 2 program studi politeknik AKA Bogor berdasarkan urutan prioritas.

Jadwal Ujian Masuk


Gelombang I

Hari/Tanggal : Sabtu, 6 Juni 2015 

Jam : 08.00 - 12.00 WIB

Tempat : Kampus AKA, Jl. Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat

Materi : Kimia, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik

Pengumuman : 13 Juni 2015


Gelombang II

Hari/Tanggal : Sabtu, 1 Agustus 2015

Jam : 08.00 - 12.00 WIB

Tempat : Kampus AKA, Jl. Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat

Materi : Kimia, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik

Pengumuman :6 Agustus 2015

Lain-Lain 

  • Politeknik AKA Bogor merupakan Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di Bidang Kimia Analisis. 
  • Politeknik AKA Bogor menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yang didukung sarana dan prasarana serta tenaga pengajar yang berpengalaman. 
  • Lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi di bidang kimia analisis dan terapannya, berwawasan lingkungan, memiliki kemampuan menguasai komputer dan mampu berbahasa inggris dengan baik. 
  • Lulusan juga dibekali dengan kemampuan untuk berwirausaha. 80% lulusan diterima bekerja di industri.

Kontak Panitia

Sekretariat Akademi Kimia Analisis Bogor :

Jl. Pangeran Sogiri No. 283 Tanah Baru Bogor
Telp. 0251-8650351, Fax 0251-8650352
Email : akainfo@aka.ac.id

Sekretariat Akademi Kimia Analisis Bogor :

Jl. Pangeran Sogiri No. 283 Tanah Baru Bogor
Telp. 0251-8650351, Fax 0251-8650352
Email : akainfo@aka.ac.id


3. Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta (Sedang membuka Pendaftaran)


Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta ini ada dibawah lingkungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Lokasi pendidikan tepatnya berada di Jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Program studi yang ditawarkan diantaranya adalah sebagai berikut
  • D3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
  • D3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
  • D3 Perdagangan Internasional Kawasan ASEAN dan RRT
  • D1 Distribusi dan Pengiriman

    Tahap Pendaftaran

    Tahapan Pendaftaran Seleksi Masuk Politeknik APP Jakarta meliputi :
  • Penyetoran biaya PendaftaranCalon Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- 
    melalui Bank ke :No. Rekening 97464120 BNI Cabang Margonda Depok Atas nama Bendahara Penerimaan APP Sertakan berita pada slip transfer anda dengan format : namalengkap_pmb2015/2016 Untuk keperluan Registrasi Calon Peserta yang akan mendaftar secara Online harus men-scan Slip Setoran/Transfer Calon Peserta yang akan mendaftar secara Langsung menyerahkan Slip Setoran/Transfer ke Loket Pendaftaran
  • Melakukan Registrasi Pendaftaran untuk mendapatkan akun Peserta PMB Politeknik APP Jakarta. Registrasi secara langsung (di Kampus Politeknik APP Jakarta) dapat menyerahkan Slip Setoran Asli untuk mendapatkan No Test dan Password akun Peserta PMB Politeknik APP Jakarta. Registrasi secara Online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik APP Jakarta
  • Pengisian Kelengkapan Data Pendaftar Calon Peserta mengisi seluruh form data secara Online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik APP Jakarta. 
    Isi seluruh Form data dengan lengkap.
  • Mencetak Kartu Peserta dan Formulir Pendaftaran Calon Peserta dapat mencetak Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran pada Menu Cetak melalui Akun Pendaftaran Mahasiswa Baru. 
    Ketentuan Cetak Kartu Peserta Ujian sebagai berikut :Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran dicetak secara jelas dengan scala 100% (ukuran tidak diperkecil/diperbesar) 
    disarankan ukuran kertas A4 Kartu Ujian dan Formulir Pendaftaran dicetak secara Berwarna Kartu Peserta Ujian yang diakui/diperbolehkan mengikuti Seleksi hanya yang berfotoKartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran diperlukan untuk pemberkasan pada saat Registrasi Ulang. Pada Kartu Peserta Ujian Tertera Pilihan Program Studi dan Pilihan Ujian Seleksi Calon
    Peserta tidak diperkenankan mengajukan Perubahan Pilihan Ujian Seleksi ataupun Pilihan Program Studi setelah Calon Peserta melakukan Registrasi/Pendaftaran.
  • Mengirimkan Berkas Pendaftaran (Hanya untuk Jalur PPKA ) Calon Peserta mengirimkan semua Berkas Pendaftaran dikirimkan melalui Pos (Paling Lambat Tanggal 12 Mei 2015 Cap Pos) atau secara langsung ke Kampus Politeknik APP Jakarta. 
  • Berkas tersebut meliputi :
  • Hasil Cetak Formulir Pendaftaran
  • Fotocopy Rapor semester 1 s.d 5 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang dengan cap dan tanda tangan basah
  • Surat Keterangan Berprestasi yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang dengan cap dan tanda tangan basah.
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menerangkan Rincian Peringkat (Peringkat 10 Besar) di tiap Semester.

Ujian Seleksi

Ujian Seleksi yang diselenggarakan Politeknik APP Jakarta adalah sebagai berikut :
  • Jalur PPKA, Non Ujian, seleksi berdasarkan Nilai dan Prestasi disekolah masing-masing
  • Jalur Ujian Tertulis, Ujian dilaksanakan dikampus Politeknik APP Jakarta sesuai tanggal yang ditentukan
  • Jalur Ujian Online, Ujian dilaksanakan secara Online melalui Akun Penerimaan Mahasiswa Baru sesuai tanggal yang ditentukan pada masing-masing Pilihan Tahapan Ujian Online yang ditawarkan. Untuk Ujian Online memerlukan Username dan Password yang dikirimkan melalui SMS atau Email Peserta.




    Untuk informasi lebih lanjut langsung saja menuju ke http://pmb.app-jakarta.ac.id/
4. AKAMIGAS-STEM (Sedang membuka Pendaftaran)

Akademi Minyak dan Gas Bumi (Sekolah Tinggi Energi dan Mineral) berada di bawah lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (kawasan rig dan pengeboran minyak). Berikut adalah surat edaran resmi yang diunduh dari pmb akamigas




5. Akmil - Akademi Militer RI. 

Untuk informasi lebih lanjut langsung saja ke situs resmi Akmil disini

PENERIMAAN TARUNA AKMIL TA 2015

  1. PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman da bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun1945.
  4. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2015.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  1. PERSYARATAN LAIN
  1. Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.
  2. Berijazah SMA/MA atau yang setara, program IPA dengan ketentuan nilai UAN akan ditentukan kemudian.
  1. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan.
  2. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  3. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  4. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/Wali dan ditetapkan oleh Kecamatan setempat.
  6. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.
  1. Administrasi.
  2. Kesehatan.
  3. Jasmani.
  4. Wawancara.
  5. Psikologi.
  6. Akademik.
  1. PERSYARATAN  TAMBAHAN.
  1. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/ adat.
  2. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti Pendidikan Pertama.
  1. CARA PENDAFTARAN.
    Calon datang sendiri ketempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy dilegalisir:
    1. Kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).
    2. Akte kelahiran/surat kenal lahir.
    3. KTP calon dan KTP orang tua/ wali.
    4. Kartu Keluarga (KK).
    5. STTB SD, SMP/Tsanawiyah, SMA/MA berikut NUAN.
Bagi calon kelas III SMA/MA:
    1. Melampirkan raport kelas I s.d. III semester I.
    2. Melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon tersebut terdaftar sebagai peserta UN.
5. TEMPAT PENDAFTARAN :
  1. Ajen Kodam
  2. Ajen Korem
  3. Kodim
  4. http://rekrutmen-tni.mil.id
  • PENDIDIKAN SELAMA 4 TAHUN DI AKADEMI MILITER MAGELANG DI BIAYAI NEGARA.
  • DILANTIK MENJADI PERWIRA TNI AD DENGAN PANGKAT LETNAN DUA DAN DIBERI GELAR S.T.Han.

6. Akpol - Akademi Kepolisian RI. (Sedang dibuka Pendaftaran)

Untuk penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian RI tahun ini sudah dibuka hingga tanggal 25 April 2015

Persyaratan dan mekanisme pendaftaran ada di http://www.penerimaan.polri.go.id/ 
berkas persyaratannya dapat diunduh disini

Persyaratan Umum :
  1. warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  2. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. pendidikan paling rendah SMU / sederajat;
  5. usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  6. sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  7. tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  8. berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  9. lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.
Persyaratan Lain :
  1. usia minimal 17 tahun, maksimal 21 tahun;
  2. nilai ujian nasional dengan nilai minimum :
    1. untuk persyaratan nilai kelulusan tahun 2011 dengan nilai hasil ujian akhir nasional (HUAN) untuk IPA min 6,5 (enam koma lima) dan untuk IPS min 7,0 (tujuh koma nol)
    2. untuk persyaratan nilai kelulusan tahun 2012 dengan nilai hasil ujian akhir nasional (HUAN) untuk IPA min 6,5 (enam koma lima) dan untuk IPS min 7 (tujuh)
    3. untuk persyaratan kelulusan thn 2013 dengan nilai hasil ujian akhir nasional (HUAN) untuk ipa min 7 (tujuh) dan untuk ips 7,25 (tujuh koma dua lima)
    4. untuk persyaratan kelulusan thn 2014 dengan nilai ujian nasional min 6,5 (enam koma lima)
  3. berijazah serendah-rendahnya smu/madrasah aliyah jurusan ipa/ips dengan ketentuan bagi lulusan tahun 2015 (yang masih kelas iii) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas III semester 1 (semester terakhir) dengan ketentuan :
    1. nilai rata-rata minimal 72,50 (tujuh dua , lima nol)
    2. setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dengan nilai un min 72,50 (tujuh dua kma lima nol)
  4. bukan merupakan lulusan program pendidikan kesetaraan paket A, paket B dan paket C;
  5. tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
    1. pria ttk dua 165 (seratus enam puluh lima) cm
    2. wanita ttk dua 163 (seratus enam puluh tiga) cm
  6. berdomisili di wilayah polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) thn terhitung pada saat buka dik yg dibuktikan dgn ktp dan/atau surat keterangan dari kepala desa/kelurahan setempat dan kk atau ijazah/sttb/rapor terakhir (kecuali peserta dari sma taruna nusantara dan smat krida nusantara);
  7. belum pernah nikah , sanggup tidak menikah/kawin selama dalam pendidikan akpol , belum pernah melahirkan bagi catar wanita dan belum pernah punya anak kandung/biologis bagi catar pria ;
  8. bersedia menjalani ikatan dinas pertama (idp) min selama 10 (sepuluh) thn tmt diangkat menjadi Tar Akpol;
  9. memperoleh persetujuan dari ortu/wali;
  10. tdk terikat perjanjian ikatan dinas dgn instansi lain;
  11. bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan :
    1. mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
    2. bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan , bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan taruna akpol
  12. bagi yang memiliki prestasi di tingkat provinsi/nasional/internasional agar dilampirkan sertifikatnya untuk dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelulusan;
  13. mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panda dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
    1. pemeriksaan administrasi awal;
    2. pemeriksaan kesehatan tahap I;
    3. pemeriksaan dan pengujian psikologi;
    4. pengujian akademik, yang meliputi :
      1. ) Pengetahuan Umum;
      2. ) Bahasa Indonesia;
      3. ) Matematika (IPA dan IPS);
    5. pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa);
    6. pengujian kesamaptaan jasmani dan antropometri ;
    7. pendalaman PMK;
    8. pemeriksaan administrasi akhir;
    9. sidang terbuka kelulusan tingkat panda;
  14. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia (NKRI);
  15. mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panpus dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
    1. sistem gugur meliputi :
      1. rikmin;
      2. rikkes;
      3. rik psi wawancara dan pendalaman pmk
      4. uji jasmani dan antropometri
    2. sistem ranking;
      1. uji tpa dan toefl
      2. pemeriksaan penampilan
      3. Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Akhir Panpus.


7. Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) (Belum membuka Pendaftaran)

AMG berada di bawah lingkungan Badan Meteorologi dan Geofisika. Akademi ini tepatnya berada di Jalan Perhubungan I Nomor 5, kompleks Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.

A. PROGRAM / JURUSAN.
Program Diploma III jurusan Meteorologi, Program Diploma III jurusan Geofisika dan Program Diploma III jurusan
Instrumentasi dan Program Diploma III Jurusan Klimatologi. Berikatan dinas dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan
Geofisika (BMKG), tidak diasramakan. Pendidikan dilaksanakan dalam 6 (enam) semester dengan Praktek Kerja di stasiun BMKG di seluruh Indonesia.
 Tahun pertama : Kuliah semester I dan II
 Tahun kedua : Praktek kerja di stasiun BMKG
 Tahun ketiga : Kuliah semester III dan IV
 Tahun keempat : Kuliah semester V dan VI

B. PERSYARATAN CALON TARUNA:
1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna.
2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2011.
3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
4. Bebas narkoba sebelum dan selama pendidikan.
5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika,
Teknik Telekomunikasi atau Teknik Komputer. Lulusan SMK hanya bisa mendaftar untuk program D-III jurusan
Instrumentasi.
6. Rata-rata nilai Fisika, Matematika dan Bhs. Inggris pada dua semester terakhir SMA/MA/SMK minimal 70.0 dan tidak
ada nilai dibawah 65 (skala 100) pada masing-masing mata pelajaran tersebut .
7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
8. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
9. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika selama minimal 5 ( lima ) tahun sejak dinyatakan
lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

C. TATACARA PENDAFTARAN :
1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan apabila calon memenuhi semua persyaratan pada butir (B) diatas.
2. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan di tempat pendaftaran.
3. Formulir Pendaftaran ditanda-tangani oleh calon, dan dikembalikan ke tempat pendaftaran sebelum masa pendaftaran
ditutup. Panitia tidak dapat lagi menerima Formulir Pendaftaran jika masa pendaftaran telah ditutup.
4. Formulir Pendaftaran dilampiri dengan :
a. Fotokopi Surat Tanda Kelulusan (STK) yang telah dilegalisir, atau Surat Keterangan yang menyatakan masih
duduk di klas XII SMA/MA/SMK,
b. Fotokopi Rapor Klas XI semester 2, dan Klas XII semester 1 bagi calon yang akan lulus pada tahun 2011.
c. Fotokopi Rapor Klas XII semester 1 dan semester 2 bagi calon yang lulus sebelum tahun 2011.
d. Resi asli uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- ( tujuh puluh lima ribu rupiah ) yang disetorkan ke rekening
Bendahara AMG pada Bank BNI Cabang Gambir No. Rekening 001.995.1819.
e. Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.

D. TEMPAT PENDAFTARAN DAN LOKASI TEST :
1. Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika : Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteorologi Dep Hub, Pondok
Betung, Bintaro, Tangerang, 15221, Telp. 021-73691621-23.
2. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah I : Jl. Ngumban Surbakti No.15 Selayang II, Medan. Telp. 061-8222877,
8222878.
3. Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Telp. 0711-430274, Fax 0711-430015.
4. Stasiun Meteorologi Bandara Tabing, Padang. Telp. 0751-819105
5. Stasiun Meteorologi Bandara Juanda, Surabaya, Telp. 031-8667540 psw 103. Fax 031-8675342
BMKG6. Stasiun Geofisika Yogyakarta, Jl. Wates Km 8, Citengan, Balecatur, Gamping, Sleman, Yogjakarta,
Telp. 0274-6498380; 0274-6498383
7. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III : Jl. Raya Tuban, Denpasar. Telp. 0361-751122.
Fax 0361-757975
8. Stasiun Meteorologi Bandara Supadio, Jl. Adi Sucipto Km 17, Pontianak. Telp. 0561-721142. Fax 0561-725127
9. Stasiun Meteorologi Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Telp. 0511-4705198 Fax 0511-470509.
10. Stasiun Meteorologi Bandara Sepinggan, Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 3, Balikpapan. Telp. 0542-762360, 764054.
11. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV, Jl. Racing Centre No.4 Panaikang, Makassar.
Telp. 0411-449243. Fax 0411-455019
12. Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara, Jl. Abdurahman Saleh, Biroboli, Palu. Telp. 0451-482172. Fax 0451-482802
13. Stasiun Meteorologi Bandara Jalaluddin, Komplek Bandara Jalaluddin Gorontalo, Telp. 0435-890393
14. Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Jl. Jend. Sudirman No. 158, Kendari, Telp. 0401-328528.
15. Stasiun Meteorologi Bandara Babullah, Jl. Bandara Babullah, Ternate. Telp. 0921-3312292,3127902 Fax. 3110430.
16. Stasiun Geofisika Karangpanjang, Jl. AIS Nasution No. 8, Ambon. Telp. 0911-353191-354931 Fax 826205
17. Stasiun Geofisika Kupang, Jl. Cak Doko No. 70, Kupang. Telp.0380-821608-826006.
18. Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah V, Jl. Raya Abepura Entrop, Jayapura. Telp. 0967- 535419 Fax 535418.
19. Stasiun Meteorologi Bandara Mopah, Jl. Bandara Mopah, Merauke, Telp. 0971-321774
20. Stasiun Meteorologi Rendani, Jl. Trikora Rendani No. 2, Manokwari, Telp. 0986-212435

E. JENIS SELEKSI :
1. Seleksi Administrasi berkas pendaftaran .
2. Seleksi Akademik berupa test akademik bidang fisika, matematika, bahasa inggris, kemampuan verbal, kemampuan
kuantitatip dan kemampuan penalaran.
3. Seleksi Kesehatan melalui pemeriksaan kesehatan oleh RSUD setempat.
4. Seleksi Wawancara/Psikotest.
Kelulusan calon taruna ditentukan pada setiap tahapan seleksi.

F. DATA ADIMINSTRASI :
1. Bagi calon yang dinyatakan lulus pada seluruh tahapan seleksi, kepada yang bersangkutan diminta untuk mendaftar
ulang di AMG dengan menyerahkan berkas administrasi lengkap, yaitu :
1. Ijazah / STTB asli dan 3 lembar fotokopi yang telah dilegalisir.
2. Fotokopi akta kelahiran,
3. Asli Surat keterangan belum menikah dari Kantor Kelurahan setempat,
4. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),
5. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda-tangani calon dan diketahui orang tua / wali tentang belum
menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan,
6. Surat pernyataan bermaterai yang ditanda-tangani calon dan diketahui orang tua / wali tentang kesanggupan
bekerja di BMKG dan sanggup ditempatkan dimana saja dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Apabila ternyata ditemukan data dan atau keterangan yang tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan sebagai calon
taruna, maka calon yang bersangkutan dinyatakan gugur.

G. LAIN – LAIN :
1. Pendaftaran dilaksanakan tanggal 4 April 2011 sampai dengan 13 Mei 2011.
2. Seleksi Akademik dilaksanakan pada Rabu, 25 Mei 2011 secara serentak di seluruh lokasi test. Peserta test
diharuskan melihat detil lokasi test di tempat pendaftaran, atau di web AMG ( http://amg.ac.id )
3. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah setempat setelah calon taruna dinyatakan lulus
Seleksi Akademik. Biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung calon taruna dan disetorkan secara langsung ke RSUD
setempat. Untuk peserta dengan lokasi test akademik di AMG Jakarta, pemeriksaan kesehatan dilakukan di Poliklinik
AMG Jakarta dengan biaya ditanggung calon taruna.
4. Wawancara / Psikotest dilaksanakan setelah calon taruna dinyatakan lulus Seleksi Kesehatan.
5. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia SIPENCATAR AMG.
6. Hasil-hasil Seleksi akan diumumkan di AMG, Kantor Pusat BMKG Jakarta, di tempat pendaftaran, di web AMG
(http://amg.ac.id, dan di web BMKG ( http://www.bmg.go.id )
7. Uang pendaftaran dan semua berkas pendaftaran tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun.
8. Keputusan Panitia Seleksi pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.



8. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)  (Sedang membuka Pendaftaran)


Sekolah tinggi ini berada dibawah Badan Pusat Statistik dan tepatnya berada di jalan Otto Iskandardinata Nomor 64C, Jakarta Timur. Program studi yang ditawarkan antara lain :
  1. Statistika
    Program Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan yaitu
    • Statistika Ekonomi
    • Statistika Sosial Kependudukan
  2. Komputasi statistik

Syarat Pendaftaran (link pendaftaran : https://www.stis.ac.id/admission/adm-overview.html )

Persyaratan dan Ketentuan
  • Seleksi
    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba. 
    2. Lulus Ujian Nasional SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA.
      • Calon lulusan tahun 2015 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Ujian Seleksi Tahap III, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut: (a) Ijazah, atau (b) Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau (c) Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional. 
      • Lulusan sebelum tahun 2015 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah. 
    3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (nilai bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata).
      • Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitif. 
      • Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan. 
    4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2015 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1993). 
    5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS. 
    6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain. 
    7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku. 
    8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS. 
    9. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.
  • Penerimaan
    1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS. 
    2. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.

Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara on-line melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun.

Lintas Wilayah

Peserta dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Calon peserta tidak harus mengikuti ujian sesuai tempat tinggalnya atau tempat di mana yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan SMA/MA.

Jenis Ujian

  • Ujian tahap I: Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum 
  • Ujian tahap II: Psikotes 
  • Ujian tahap III: Wawancara dan tes kesehatan

Jadwal Pendaftaran dan Ujian

  1. Pendaftaran (on-line): 2 Maret s.d. 24 April 2015 
  2. Ujian tahap I: 9 Mei 2015 
  3. Pengumuman hasil ujian tahap I: 27 Mei 2015 
  4. Pendaftaran ulang untuk mengikuti ujian tahap II (on-line): 25 Mei s.d. 27 Mei 2015 
  5. Ujian tahap II (Psikotes): 30 Mei 2015 
  6. Pengumuman hasil ujian tahap II: 27 Juni 2015 
  7. Ujian tahap III (wawancara dan tes kesehatan): 27 s.d. 30 Juli 2015 
  8. Pengumuman hasil ujian tahap III: 8 Agustus 2015 
  9. Pemberkasan: 10 s.d. 13 Agustus 2015 
  10. Untuk lebih jelasnya, lihat Jadwal Penting PMB STIS TA 2015/2016

Biaya Seleksi

  • Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 225.000,- (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah),
  • dibayarkan melalui Bank BRI atau Bank Mandiri, setelah mengisi data pendaftaran secara on-line. 
  • Biaya administrasi bank ditanggung peserta. 
  • Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran on-line dapat dilakukan dari mana pun melalui Website STIS di https://www.stis.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:
  • Calon peserta mengisi data pendaftaran secara on-line di Website STIS.
    1. Mendaftarkan alamat email pada Aplikasi SPMB STIS 
    2. Buka Aplikasi SPMB STIS untuk mendaftarkan alamat email anda (bisa dibuka mulai tanggal 2 Maret 2015). 
    3. Anda akan menerima pesan melalui email petunjuk pengisian formulir pendaftaran.
  • Setelah mengisi data pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran. 
    1. Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. 
    2. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. 
    3. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi.
  • Kode Pembayaran tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembayaran biaya seleksi melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. 
  • Calon peserta membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI atau Bank Mandiri, sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan pada waktu pendaftaran. 
  • Biaya administrasi bank ditanggung peserta. 
  • Pembayaran melalui BRI dapat dilakukan melalui teller di kantor BRI atau melalui ATM BRI tanpa menggunakan no rekening. 
  • Cara pembayaran melalui ATM BRI: Pilih Transaksi Lainnya, setelah itu pilih Pembayaran, kemudian pilih Pendidikan, selanjutnya masukkan 3 angka Kode Institusi diikuti dengan 9 angka Kode Pembayaran. Kode Institusi bisa dilihat pada menu ATM. 
  • Pembayaran melalui Bank Mandiri dapat dilakukan melalui teller di kantor Bank Mandiri atau melalui ATM Mandiri dan internet banking Mandiri tanpa menggunakan no rekening. 
  • Cara pembayaran melalui ATM Mandiri: Pilih Pembayaran, kemudian pilih Pendidikan, selanjutnya masukkan Kode Institusi STIS, lalu masukkan 9 angka Kode Pembayaran. Kode Institusi bisa dilihat pada menu ATM. Cara pembayaran melalui internet banking Mandiri: Pilih Bayar, kemudian pilih Pendidikan, selanjutnya Pilih Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, lalu masukkan 9 angka Kode Pembayaran. 
  • Calon peserta kembali membuka Website STIS dan memasukkan Nomor Pendaftaran untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
    1. Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. 
    2. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi menggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi. Jika anda tidak melakukan aktivasi dengan token, akan teraktivasi otomatis selambat-lambatkanya H+2 setelah pembayaran. 
    3. Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM. 
    4. KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi. 
  • Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.


Pemeriksaan Berkas

Bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap II dan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara):
  • Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman data pribadi dan nilai yang dilaporkan). 
  • Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2015 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) SMA/MA asli atau yang telah dilegalisir.


Pengumuman Hasil Ujian

Hasil ujian setiap tahap seleksi diumumkan sesuai dengan jadwalnya masing-masing di Website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS.


Pemberkasan

Bagi yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, wajib melakukan pemberkasan, yaitu menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID). Pemberkasan dilakukan di Kantor BPS Provinsi atau di Kampus STIS.

Website Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

  • Website resmi STIS adalah https://www.stis.ac.id. Segala informasi mengenai PMB STIS dapat diakses melalui website tersebut. 
  • Alamat Panitia Pusat PMB STIS adalah di Kampus STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. 
  • Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.


9. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.

10. MMTC – Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Lokasi kuliah di Yogyakarta.

11. Politeknik Kesehatan DEPKES Surabaya, Jalan Pucang Jajar Tengah 56, Surabaya.

12. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Jalan Cimandiri 34-38, Bandung.

13. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta, Jalan Letjen Suprapto 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

14. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Dr Setiabudi 186, Bandung.

15. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug Banten, Jalan Raya PLP Curug, Tangerang.

16. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

17. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta, Jalan Tata Bumi 5, Banyuraden,
Gamping, Sleman, Yogyakarta.

18. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.

19. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Jawa Barat, Jalan Jakarta Nomor 31, Bandung.

20. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Jawa Barat, Jalan Raya Setu Km 3,5, Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

21. Sekolah Tingi Kesejahteraan Sosial Jawa Barat, Jalan H Juanda 367, Bandung.


22. STPDN/IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI.

23. STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di bawah Badan Pertanahan Nasional RI. Lokasi kuliah Yogyakarta.

1 comment:

Terima kasih atas komentar anda.. :)